5 Wisata Alam Wonosobo yang Bikin Penasaran

Home / Wisata / 5 Wisata Alam Wonosobo yang Bikin Penasaran
5 Wisata Alam Wonosobo yang Bikin Penasaran Kawah Sikidang Dieng, salah satu wisata alam di Wonosobo. (FOTO: wisatalengkap.com)

TIMESBATU, WONOSOBO – Fase new normal yang didengungkan oleh Presiden Joko Widodo membawa secercah harapan baru bagi penikmat wisata di Indonesia, tak terkecuali dengan kawasan wisata di Wonosobo yang menyuguhkan kawasan alam yang eksotis untuk dikunjungi.

Wonosobo sendiri merupakan daerah di Jawa Tengah yang dikenal memiliki iklim yang sejuk karena tempatnya berada di dataran tinggi. Tidak heran jika wisata alam Wonosobo sangat diminati di kawasan yang diapit oleh dua gunung yang masih aktif, yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Apa saja lokasi wisata yang bisa dikunjungi di Wonosobo? Berikut 5 lokasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke Wonosobo yang dirangkum oleh TIMES Indonesia.

1. Kawah Dieng 

kawah-dieng.jpg

Orang banyak menyebut kawah Dieng dengan nama kawah Sikidang. Kawah ini terletak di kawasan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Karena berada di daerah gunung yang masih aktif, maka berada di kawah Dieng ini akan memunculkan kesan tersendiri. Kita akan disambut oleh pemandangan berupa hamparan bukit hijau dan tanah kapur. Di kawah Sikidang juga terdapat keunikan jika memasukkan telur ayam ke dalam kawah besar, suhu 80-90 celsius membuat telur akan matang hanya dengan waktu kurang dari 10 menit.

2. Telaga Warna

telaga-warna.jpg

Tidak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati suasana Grand Canyon. Di Dieng Wetan, Wonosobo ada Telaga Warna yang sekilas mirip Grand Canyon. Wisata ini bisa dibilang sebagain land mark dari Wonosobo sendiri. Warna yang berbeda-beda dari telaga ini membuat namanya disebut telaga warna. Mampu berubahnya warna air tersebut tidak lepas dari kandungan beledar yang cukup tinggi, kadang air bisa berwarna hijau, kuning bahkan jika beruntung anda bisa mendapati telaga dengan warna pelangi.

3. Bukit Si Kunir

bukit-kunir.jpg

Setiap tempat wisata di Wonosobo memiliki keunikan tersendiri. Tak terkecuali dengan Bukit Si Kunir. Tidak perlu ke Gunung Bromo untuk menikmati sunrise, di bukit Si Kunir sensasi indahnya menyaksikan matahari keluar perlahan dari balik bukit juga bisa dinikmati. Konon sunrise yang dilihat di bukit Si Kunir memiliki pemandangan paling indah di Asia Tenggara. Dari bukit ini kita bisa memandang empat gunung, yakni Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Ungaran.

4. Kebun Teh Tambi

kebun-teh.jpg

Destinasi wisata berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Kebun Teh Tambi yang terletak di Tambi, Kejajar, Wonosobo. Kendati lokasi perkebunan, namun akses menggunakan kendaraan cukup mudah untuk ditempuh untuk menuju lokasi ini. Berada di kendaraan kita tidak akan bosan saat menuju ke Kebun Teh  Tambi, sebab kita akan disuguhi oleh pemandangan indahnya Gunung Sindoro. Begitu sampai di Kebun Teh Tambi,  kita akan disambut hamparan hijau kebun teh. Karena berada di dataran tinggi, kesan berbeda akan kita temui terutama saat lokasi diselimuti oleh kabut tebal.

5. Kalianget

kalianget.jpg

Destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan untuk relaksasi adalah Kalianget. Daerah  kecamatan yang terletak di Wonosobo ini sesuai dengan namanya. Kali adalah aliran sungai kecil anget artinya adalah hangat. Pemandian air panas akan kita temui jika kita berwisata kesana. Sensasi nyaman dan rileks akan kita rasakan jika berada di Kalianget, hangatnya air pemandian dan suasana dingin Wonosobo menjadi perpaduan yang menarik untuk dinikmati.

Bagaimana anada tertarik mengunjungi wisata alam di Wonosobo?. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com