Ratusan Calon Maba Polbangtan Malang Ikuti Field Trip di Batu

Home / Pendidikan / Ratusan Calon Maba Polbangtan Malang Ikuti Field Trip di Batu
Ratusan Calon Maba Polbangtan Malang Ikuti Field Trip di Batu Calon maba Polbangtan Malang menyimak pemaparan pemateri saat mengikuti field trip di Kota Batu, Jawa Timur. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESBATU, MALANG – Sebanyak 245 calon mahasiswa baru atau calon maba Polbangtan Malang mengikuti kunjungan lapang (field trip) di Kota Batu, Kamis (12/9/2019). Rombongan generasi muda pertanian ini terbagi dua, di Desa Beji Kecamatan Junrejo, dan Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji.

Field trip ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan masa bimbingan dasar mahasiswa (Mabidama) yang berlangsung selama 27 hari. Tujuannya mengajak para calon maba untuk berorientasi terhadap dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Harapannya, setelah lulus dari Polbangtan Malang mereka dapat menjadi seorang job creator ataupun job seeker.

Sebanyak 139 calon maba melakukan kunjungan di Kampung Sapi Adventure Desa Beji, Kecamatan Junrejo. Mereka merupakan mahasiswa dari dua jurusan di Polbangtan Malang, yakni Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH) sebanyak 69 orang, serta 70 Agribisnis Pertenakan berjumlah 70 orang.

Maba-Polbangtan-Malang.jpg

Para peserta sangat antusias mengikuti kunjungan lapangan ini. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada drh. Deddy F. Kurniawan selaku kepala pengelola Kampung Sapi Adventure. 

Kepada peserta, Deddy menjelaskan bahwa Kampung Sapi ini dulunya adalah bisnis keluarga lalu secara perlahan menjadi sebuah bisnis yang kini berkembang. "Dan yang terpenting dari kampung sapi ini adalah kami mengolahnya dengan uang sendiri, tanpa ada investor maupun pinjaman dana dari bank manapun," ucap Drh. Deddy.

Ia pun memotivasi mahasiswa untuk bisa melakukan kegiatan atau hal serupa baik di kampus maupun daerahnya masing-masing.

Sementara itu, sebanyak 106 calon maba jurusan Penyuluh Pertanian melaksanakan field trip di Desa Tulungrejo, Bumiaji. Mereka mengunjungi perkebunan apel seluas kurang lebih 5 hektare.

Di kebun apel yang siap panen ini, mereka berkesempatan mencicipi buah. Di hadapan mahasiswa, Niena T. Rumawas, si pemilik kebun menceritakan latar belakang pendidikannya yang bukan pertanian.

"Saya seorang sarjana hukum, dengan background saya yang seperti ini saja saya dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk tetangga kanan kiri saya," kata Niena.

Untuk itu, ia meyakini bahwa mahasiswa Polbangtan Malang ini yang memang menempuh studi pertanian, akan lebih berhasil. "Nanti kalian bisa lebih dari saya," ucapnya memotivasi calon maba yang mengikuti field trip ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com