Ratusan Santri di Probolinggo Berlatih Budidaya Ayam Joper

Home / Pendidikan / Ratusan Santri di Probolinggo Berlatih Budidaya Ayam Joper
Ratusan Santri di Probolinggo Berlatih Budidaya Ayam Joper Para santri mengikuti bimtek budidaya ayam joper di Ponpes Raudlatul Mutaalimin, Probolinggo. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESBATU, PROBOLINGGO – Sebanyak 120 santri dari 12 KSTM (Kelompok Santri Tani Milenial) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur berlatih budidaya ayam joper. Selama dua hari, 17-18 Mei 2019, ratusan santri itu mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di Ponpes Raudlatul Mutaalimin.

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah yang dipilih untuk mendapatkan program penumbuhan KSTM, di samping 19 kabupaten lain yang menjadi tanggung jawab Polbangtan Malang.

Kegiatan bimtek diawali dengan pembukaan pelatihan yang dihadiri oleh perwakilan Polbangtan Malang, Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo dan pengurus Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) setempat.

Bintek-a.jpg

Dr. Sadlikah, S.Pt, MP dari Polbangtan Malang menjelaskan, penumbuhan KSTM merupakan program strategis Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) bekerja sama dengan RMI dan dinas peternakan setempat.

"Program ini untuk menumbuhkan wirausaha muda bidang pertanian sekaligus meningkatkan pendapatan para santri," ujar Sadlikah, Jumat (17/5/2019).

Selain mengikuti bimtek, para kelompok santri akan mendapatkan paket bantuan berupa 500 ekor ayam joper, pakan 1 ton, obat-obatan, dan bantuan pembuatan kandang. 

Sadlikah menambahkan, agar budidaya berlangsung sesuai harapan, selepas bimtek akan dilakukan pendampingan oleh mahasiswa Polbangtan Malang dalam bentuk PKL selama 3 bulan.

Para santri mengikuti pelatihan atau bimtek budidaya ayam joper dengan seksama. Ada empat kelas santri dengan fasilitator berasal dari Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo dan Dosen Polbangtan Malang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com