Memotong Kuku Sesuai Sunnah Rasul, Bagaimana Tata Caranya?

Home / Gaya Hidup / Memotong Kuku Sesuai Sunnah Rasul, Bagaimana Tata Caranya?
Memotong Kuku Sesuai Sunnah Rasul, Bagaimana Tata Caranya? Ilustrasi memotong kuku. (FOTO: Islampos)

TIMESBATU, JAKARTACara Memotong Kuku Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

memotong kuku merupakan salah satu bagian dari menjaga kebersihan tubuh. Dalam Islam, memotong kuku termasuk dalam perkara fitrah. Diterangkan oleh Rasulullah SAW dalam hadistnya yang diriwayatkan oleh Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258, bahwa perkara Fitrah ada lima: Berkhitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kumis, menggunting kuku dan mencabut bulu ketiak.

Lalu, adakah tata cara memotong kuku agar mendapatkan keutamaan didalamnya. Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yg memotong Kukunya dengan cara tidak berurutan atau secara berlawanan maka tidak akan mengalami sakit Mata" (HR Ibnu Qudaamah).

Berikut ini pendapat para ulama mengenai sabda Rasulullah SAW dalam hal memotong kuku secara berlawanan atau tidak berurutan.

1. Imam Al-Ghazali

Beliau berpendapat bahwa maksud dalam Hadits tersebut adalah dengan cara memotongnya pada tangan dimulai dari jari telunjuk kanan, lalu jari tengah kemudian jari kelingking dan begitu seterusnya berjalan ke arah kanan hingga berakhir pada ibu jari dari kanan.

2. Imam An-Nawawi

Beliau berpendapat bahwa cara memotongnya dimulai dari jari telunjuk lalu jari tengah hingga jari kelingking kemudian baru ibu jari tangan kanannya.

Sedangkan pada tangan kiri dimulai dari jari kelingkingnya lalu jari manis kemudian jari tengah lalu jari telunjuk dan berakhir pada ibu jari tangan kirinya.

3. Sebagian Ulama lain

Sebagian ulama lain ada yang berpendapat dalam cara memotongnya dengan cara dimulai dari tangan kanannya dan dengan cara memotong kuku jari kelingking dahulu kemudian jari tengah lalu ibu jari setelah itu jari manis dan berakhir dengan Kuku dari jari telunjuk.

Sedangkan dari tangan kiri dengan cara dimulai dari ibu jari lalu jari tengah kemudian jari kelingking, setelah itu jari telunjuk dan terakhir kuku dari jari manis.

Sementara urutan cara memotong kuku kaki adalah memotongnya dimulai dari jari kelingking Kaki kanan, kearah kiri dan berakhir pada Kelingking kaki yang sebelah kiri.

Selain cara memotong kuku di atas, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan. Ada hari yang sangat baik dan disunnahkan memotong kuku yaitu Senin, Kamis atau Jum'at. Selain itu, sebaiknya Anda mencuci jari-jari setelah selesai memotong kuku. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com