Tips Lari Sehat Antisipasi Corona ala RGO Malang

Home / Gaya Hidup / Tips Lari Sehat Antisipasi Corona ala RGO Malang
Tips Lari Sehat Antisipasi Corona ala RGO Malang RGO (Running Goal Oriented), Komunitas lari Kota Malang (foto : Istimewa)

TIMESBATU, MALANG – Antisipasi terhadap penyebaran Corona salah satunya adalah dengan berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus. Olahraga seperti apa yang dianjurkan agar mampu meningkatkan imunitas tubuh sebagai antisipasi terhadap virus Corona, berikut tips dari Malang Running Community RGO Malang.

Lari adalah jenis olahraga sederhana yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus, tetapi ada beberapa syarat yang harus diterapkan ditengah mewabahnya virus Corona. Apa saja?

Kapten RGO (Running Goal Oriented) Malang, Putranto Suroso membeberkan tips lari sehat mengantisipasi menyebarnya virus Corona kepada pembaca TIMES Indonesia. Hal pertama yang dilakukan adalah menjaga jarak lari antara pelari satu dan pelari lainnya.

“Mungkin untuk saat ini kita tidak bisa berkerumun, ini sesuai dengan himbauan pemerintah dalam mengantisipasi Corona. Jadi jarak lari harus diatur, begitu juga dengan peserta. Untuk saat ini kita membagi dua, misalkan peserta ada 30 orang, jadi kita bagi rutenya dua bagian peserta agar tidak ada kerumunan,” ungkap pria yang akrab disapa Ayong ini kepada TIMES Indonesia, Kamis (19/3/2020) sore.

Terkait panjangnya rute juga bisa disesuaikan, jika saat situasi normal ada rute panjang mencapai angka 13 kilometer (km), maka untuk situasi saat ini cukup disesuaikan dengan jarak sedang dan ringan.

“Idealnya untuk menjaga daya tahan tubuh kita tidak boleh terlalu capek, jadi mungkin jangan terlalu memaksakan. Khawatirnya jika terlalu capek justru akan mudah sakit,” jelasnya.

Tak hanya menyarankan dari sisi teknis berlari, Ayong juga menyarankan agar membatasi kebiasaan-kebiasaan setelah lari yang kemungkinan bisa memicu menularnya virus. “Ada beberapa kebiasaan yang harus kita batasi, seperti setelah lari kan biasanya ada yang foto-foto itu yang harus kita atur jaraknya. Sama juga dalam hal kebersihan, saya menyarankan setelah lari langsung pulang, mandi dan ganti baju untuk memulai aktivitas yang lain jadi dalam kondisi benar-benar bersih,” paparnya.

Ayong mengungkapkan bahwa komunitas lari, RGO  juga  sudah mengambil sikap untuk menjadi bagian dalam pencegahan virus Corona. Salah satunya adalah dengan tidak mengikuti event lari untuk jarak panjang atau marathon sampai situasi kembali normal.

Bahkan beberapa waktu lalu tim RGO sendiri sudah berada di Kediri untuk mengikuti event marathon, namun keputusan untuk ikut mereka anulir yang mereka namakan dengan DNS (Did Not Start) hal itu diputuskan dengan lebih mempertimbangkan keselamatan.

“Kita tidak bisa memaksakan ego untuk ikut event. Sebenarnya cukup berat untuk menjalankan keputusan bersama ini. Tapi ini sesuai dengan anjuran pemerintah yakni social distancing sebagai upaya sederhana untuk mencegah penyakit menular,” ungkapnya.

RGO Malang sendiri saat ini lebih fokus pada sisi edukasi bagaimana memberikan tips lari yang sehat. Bahkan mereka rencananya akan ikut andil dalam kegiatan sosialisasi mengenai pencegahan virus corona yang diadakan di Lapangan Rampal, Kota Malang pada Jumat (20/3/2020) besok. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com