BI Malang: Wirausaha Salah Satu Cara Agar Pesantren Bisa Mandiri

Home / Ekonomi / BI Malang: Wirausaha Salah Satu Cara Agar Pesantren Bisa Mandiri
BI Malang: Wirausaha Salah Satu Cara Agar Pesantren Bisa Mandiri Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS Pembina Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia dan Pengasuh Pondok Pesantren (PP) Bahrul Maghfiroh, dan Azka Subhan A, Kepala Perwakilan Bank Indonesia sedang melihat Rumah Jamur hari ini (15/1/2020). (Foto: Widya Amalia

TIMESBATU, MALANG – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang (BI Malang), Azka Subhan A mengatakan lewat wirausaha, pondok pesantren bisa mandiri.

Hal itu dia sampaikan saat acara peresmian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Rumah Jamur di PP Bahrul Maghfiroh, Rabu (15/1/2020)

Azka mengungkapkan, Bank Indonesia senantiasa mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk memperkuat struktur ekonomi dan pasar keuangan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Salah satu upaya yang dilakukan oleh BI tersebut adalah dengan mendorong pengembangan ekonomi di lingkungan pesantren, termasuk dengan melakukan replikasi bisnis model dari pesantren-pesantren yang dinilai sudah cukup berhasil," jelas Azka.

Azka-Subhan-A.jpg

Tidak hanya pemberian PSBI, namun juga pelatihan terkait akuntansi jasa dan akuntansi dagang.

Kegiatan-kegiatan tersebut juga termasuk dalam kerangka pelaksanaan Program Strategis BI berupa kebijakan Bank Indonesia yang bersinergi dengan kebijakan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNNS).

"Hal ini untuk mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Sebagai informasi, program pengembangan kemandirian ekonomi pesantren yang telah diimplementasikan kepada lebih dari 250 pesantren secara nasional sejak 2017," papar Azka

Azka berharap agar pesantren mampu lebih mandiri. "Di pesantren tidak hanya ngaji fiqih tapi juga ngaji sugih," tutup Kepala Perwakilan BI Malang ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com