Puan Maharani Pastikan, DPR RI Tidak akan Jadi Tukang Stempel Pemerintah

Home / Berita / Puan Maharani Pastikan, DPR RI Tidak akan Jadi Tukang Stempel Pemerintah
Puan Maharani Pastikan, DPR RI Tidak akan Jadi Tukang Stempel Pemerintah Ketua DPR RI, Puan Maharani untuk pertama kalinya berkeliling mengecek ruangan-ruangan yang ada di Kompleks Parlemen, Jakarta. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESBATU, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan, parlemen tidak akan jadi lembaga yang selalu menyetujui keinginan pemerintah, atau dengan kata lain 'tukang stempel' pemerintahan duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Kendati lembaga legislatif siap bersinergi dengan pemerintah. Namun kata Puan Mahari, bukan berarti tidak ada kritik terhadap kebijakan eksekutif yang tidak pro terhadap kepentingan rakyat.

"Sinergi itu menurut saya antara eksekutif dan legislatif itu harus dilakukan sebanyak-banyaknya untuk kepentingan bangsa dan negara. Namun, bukan berarti kita itu kayak tukang stempel juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (8/10/2019).

Puan menjelaskan, sinergi yang ia maksud adalah setiap kebijakan yang dilakukan pemerintah akan dikawal dan dilihat baik dan buruknya bagi masyarakat. Hanya saja, krtitik dan pengawasan yang akan diberikan DPR RI nantinya terdiri dari solusi.

"Tentu saja yang ada di DPR ini boleh saja memberikan pengawasannya, memberikan oto kritik tetapi jangan sampai tidak ada solusinya. Harus ada solusi yang kita lakukan, jadi kita teriak-teriakan pun harus memberikan solusi kepada pemerintah," ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap apapun dinamika politik yang terjadi di DPR RI maupun di pemerintahan, harmonisasi antara pimpinan tetap terjaga.

"Jangan sampai silaturahmi gotong royong yang ada itu kemudian menjadi tercerai berai hanya karena kepentingan individu, atau kelompok. Karena komitmen yang akan kami bangun adalah bagaimana menjaga NKRI tetap utuh dengan sesuai dengan konstitusi adalah parpol sebagai salah satu pilar demokrasi," kata Ketua Puan Maharani. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com