KKN 21 UMM Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Pakan Fermentasi Ternak untuk Sapi

Home / Berita / KKN 21 UMM Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Pakan Fermentasi Ternak untuk Sapi
KKN 21 UMM Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Pakan Fermentasi Ternak untuk Sapi KKN 21 UMM Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Pakan Fermentasi Ternak Untuk Sapi di Desa Sukoanyar. (FOTO: KKN 21 UMM/TIMES Indonesia)

TIMESBATU, MALANG – Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan KKN 21 UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) menggelar penyuluhan serta pelatihan pakan fermentasi untuk ternak untuk sapi (silase) . Pelatihan dan penyuluhan ini dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari berbagai dusun di Desa Sukoanyar, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

KKN-21-UMM-2.jpg

Pelatihan ini mengajarkan untuk membuat pakan fermentasi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana yang ada seperti tebon jagung dan limbah dari pembuatan tepung sagu.

Jefri Arisanto yang juga anggota dari KKN 21 UMM mengatakan, penyuluhan diharapkan bisa membuat peternak membuat pakan yang tahan lama sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk membeli pakan.

KKN-21-UMM-3.jpg

Perangkat desa yang diwakilkan oleh sekertaris desa juga sangat mengapresiasi pelatihan ini dan berharap masyarakat terbantu dengan adanya pelatihan ini.

Pelatihan berjalan dengan menarik, terlebih antusias peserta pembuatan pakan fermentasi untuk ternak cukup tinggi. Hal ini terlihat banyaknya pertanyaan dari masyarakat.

"Diharapkan kegiatan ini bisa membantu para peternak sapi untuk membuat pakan ternak fermentasi tanpa membelinya dari luar dan mereka bisa melakukan produksi pakan ternak fermentasi ini dan menjualnya ke masyarakat luas," jelas Jefri, mahasiswa anggota KKN 21 UMM. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com