Tak Temukan Pelanggaran FaceApp, Kominfo RI Tetap Ingatkan Masyarakat Hati-hati

Home / Berita / Tak Temukan Pelanggaran FaceApp, Kominfo RI Tetap Ingatkan Masyarakat Hati-hati
Tak Temukan Pelanggaran FaceApp, Kominfo RI Tetap Ingatkan Masyarakat Hati-hati Aplikasi pengubah wajah FaceApp yang tengah marak diminati warganet. (Foto: Cnet)

TIMESBATU, JAKARTA – Aplikasi pengubah wajah FaceApp tengah diminati pengguna internet saat ini. Namun beredar isu layanan tersebut berpotensi menyalahgunakan data penggunanya. Lalu, bagaimana penjelasan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo RI)?

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, hingga kini pihaknya terus melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap layanan FaceApp.

"Dia (FaceApp) klarifikasi, bahwa dia hanya menyimpan (data) nya hanya dua kali 24 jam, (jadi) 48 jam. Abis itu tidak ada di servernya," ujar Semuel ketika ditemui wartawan di kantornya, Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2019).

Semuel menyebut, hingga kini Kominfo belum menemukan adanya pelanggaran terkait data pengguna yang dilakukan FaceApp. Pasalnya, layanan pengubah wajah itu tidak meminta data pengguna yang berlebihan, seperti identitas pengguna secara detil.

"Kan itu kan mereka tidak minta data nama. Itu ga ada. Dia kan hanya nyimpen data fotonya. Dan fotonya itu dia bilang 2 kali 24 jam dihapus," jelas Semuel.

Kendati FaceApp telah memberikan klarifikasi terkait isu yang beredar, Semuel menegaskan jika pihaknya masih akan terus memantau layanan tersebut. Bahkan sebutnya, tak hanya Indonesia, sejumlah negara lain juga melakukan hal yang sama.

"Jangan hanya FaceApp saja. Tapi semuanya aplikasi kalau mengunduh itu pelajari juga Term of Reference-nya. Kalau mintanya berlebihan ya jangan mau. Itu kan kadang-kadang aplikasi nawarin sesuatu yang lucu supaya kita ngasih data. Itu harus kita lihat datanya buat apa," kata Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo RI ini . (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com