JSI: Ahmad Basarah Dinilai Tepat Jabat Ketua MPR RI

Home / Berita / JSI: Ahmad Basarah Dinilai Tepat Jabat Ketua MPR RI
JSI: Ahmad Basarah Dinilai Tepat Jabat Ketua MPR RI Wakil Ketua MPR-RI Ahmad Basarah. (dok/TI)

TIMESBATU, MALANG – Presiden Jaringan Satu Indonesia (JSI) Abdul Qodir menilai, selain Cak Imin, Airlangga dan Surya Paloh, Ahmad Basarah adalah sosok yang tepat menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

Setelah Pilpres berlalu, kini para elite partai politik mulai rebutan kursi Ketua MPR RI. Sejumlah partai papan atas seperti PDIP, Golkar, PKB dan NasDem ‘ngotot’ mengusulkan kadernya duduk di jabatan strategis itu.

“Ini bukan sekadar masalah jatah, tapi sistem politik haruslah berbicara atas perjalanan dan kebutuhan bangsa ke depan. Saya harap 2024 nanti Indonesia sudah keluar dari konflik kepentingan kekuasaan,” kata Abdul Qodir alias Adeng kepada TIMES Indonesia, Selasa (23/7/2019).

Adeng menambahkan bahwa kedudukan MPR RI mempunyai kewenangan terhadap penataan sistem bernegara dan berpolitik.

Menurutnya, pola politik kekinian ini dianggap ‘kebablasan’ yang menyampingkan etika dan nilai-nilai Pancasila. Kursi Ketua MPR RI, lanjut Adeng, harusnya dipegang oleh tokoh yang berwatak negarawan.

“Merujuk pada kriteria tersebut, saya rasa ketokohan Ahmad Basarah dinilai tepat memegang palu MPR-RI, selain Cak Imin, Airlangga Hartarto maupun Bang Surya Paloh yang notabene adalah pimpinan partai politik,” katanya.

Bagi JSI, sosok Basarah perlu dipertimbangkan karena selain memiliki pengalaman sebagai politisi, Basarah juga memiliki disiplin keilmuan dan watak kepribadian yang mampu menjawab kebutuhan bangsa dan negara.

JSI berharap, pembahasan kursi Ketua MPR RI tidak lagi terkesan ‘menabur’ kekuasaan karena lembaga tertinggi negara tersebut akan kehilangan kewibawaan di mata masyarakat. "Mereka itu cari kerja atau hendak mengabdi?" kata Adeng dengan nada meninggi.

Diketahui, Ahmad Basarah diangkat menjadi Wakil Ketua MPR RI pada 26 Maret 2018. Selain itu, Basarah juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PDIP. Basarah juga dikenal sebagai sosok nasionalis dan teguh akan nilai-nilai Pancasila.

“Menilai track record Ahmad Basarah selama menjabat Wakil Ketua MPR RI, JSI yakin dengan kemampuannya, mind-set koalisi yang dibangun bukan bagi-bagi kekuasaan, tapi Koalisi Harmoni Indonesia, Memukau Dunia,” jelas Adeng. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com