Cegah Covid-19, FK UB Distribusi Daging Kurban Pakai Sistem Drive Thru

Home / Berita / Cegah Covid-19, FK UB Distribusi Daging Kurban Pakai Sistem Drive Thru
Cegah Covid-19, FK UB Distribusi Daging Kurban Pakai Sistem Drive Thru Penerima daging hewan kurban menggunakan sistem drive thru di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESBATU, MALANG – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) menerapkan sistem Drive Thru untuk mendistribusikan bingkisan daging kurban di momen Idul Adha tahun ini.

Cara ini diyakini efektif menghindari kerumunan massa pengambil daging kurban. Spot yang digunakan drive thru bertempat di Depan Lobby Gedung Pendidikan Bersama FK UB, Kota Malang, Sabtu (1/8/2020).

Drive thru merupakan jenis layanan pesan bawa pulanh dimana pelanggan tanpa perlu meninggalkan motor atau mobil.

Penerima-daging-hewan-kurban-menggunakan-sistem-drive-thru-2.jpg

Caranya, warga penerima daging membawa kendaraanya beserta kupon voucher yang disertai barcode. Barcode tersebut di-scan melalui aplikasi yang sudah terdaftar.

Dekan FK UB Dr dr Wisnu Barlianto M.SiMed, SpA(K) menjelaskan pemotongan hewan kurban ini sebagai upaya civitas akademika FK UB mendekatkan diri kepada Allah SWT di momen Hari Raya Idul Adha.

"Kami tetap bisa menyembelih dan membagikan kurban meski pandemi ini. Kita kerjasama dengan pihak ketiga. Ini semuanya dari civitas akademika FK UB," ujarnya.

Ia menjelaskan ada total 13 hewan kurban yang dipotong dan disalurkan kepada civitas akademika PNS golongan 1 dan 2, dosen non PNS, cleaning service serta masyarakat sekitar UB.

"Konsep drive thru kita ingin mengurangi kontak fisik. Kita sediakan scan barcode jadi tidak ada penumpukan massa karena semuanya sudah diatur," tuturnya.

Wisnu menyatakan semua hewan kurban telah melewati proses verifikasi cek kesehatan, fisik, dan dipastikan tidak cacat serta cukup umur.

Semua daging kurban dari 4 ekor sapi dan 9 ekor kambing ini disalurkan melalui sistem Drive Thru. Petugas FK UB dan penerima dipastikan mengenakan masker dan berjaga jarak aman sesuai protokol kesehatan Covid-19. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com