Pemkab Malang Kembali Raih WTP Keenam Kali Berturut-Turut

Home / Berita / Pemkab Malang Kembali Raih WTP Keenam Kali Berturut-Turut
Pemkab Malang Kembali Raih WTP Keenam Kali Berturut-Turut Penyampaian WTP yang dilakukan secara virtual. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESBATU, MALANG – Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP kembali diraih Pemkab Malang. Ini merupakan raihan ke enam kali berturut-turut yang diterima dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI).

Laporan hasil pertanggung jawaban tersebut diserahkan kepada Bupati Malang Drs H M Sanusi MM oleh Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK RI Jatim, Selasa, (30/6/2020).

Penyerahan itu dilakukan secara virtual bersamaan dengan Kabupaten Trenggalek dan Kota Batu. Inspektur Kabupaten Malang,

Tridiyah Maistuti menjelaskan terkait penghargaan WTP dari BPK RI tersebut  "Fokus pemeriksaan laporan keuangan ada pada manajemen pada aset maka kami terus berupaya untuk memperbaiki," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, konsistensi melakukan evaluasi akhirnya membuahkan hasil. "Sampai kemudian pada catatan tersebut dikeluarkan rekomendasi layak untuk meraih predikat WTP," ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor dapat meraih WTP kembali. Pertama yakni terkait neraca LKPD (laporan keuangan pemerintah daerah) tahun 2019 telah dilakasanakan sesuai dengan standart akuntansi. 

“Kedua, juga karena adanya kecukupan bukti material dalam pengungkapan, pendapatan, aset maupun transaksi pebelanjaan pada neraca (LKPD),” terangnya.

Masih kata mantan Kepala BLH Kabupaten Malang ini, target tersebut bisa tercapai sebab pelaksanaan sistem pengendalian internal (SIP) sudah berjalan sesuai aturan.

"Tindaklanjut dari rekomendasi audit di tahun sebelumnya Kabupaten Malang cukup tinggi nilainya, capaiannya kurang lebih 97 persen. Tertinggi ketiga se-Jawa Timur," katanya.

Melalui penghargaan WTP keenam kali berturut-turut ini kata dia, semakin memicu Pemkab Malang agar bekerja semakin baik lagi dalam perihal keuangan daerah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com