Kreatif, Kantor Imigrasi Malang Kenalkan Model Pelayanan Baru Lewat Video Dagelan

Home / Berita / Kreatif, Kantor Imigrasi Malang Kenalkan Model Pelayanan Baru Lewat Video Dagelan
Kreatif, Kantor Imigrasi Malang Kenalkan Model Pelayanan Baru Lewat Video Dagelan Petugas menyontohkan protokol physical distancing di halaman depan Kantor Imigrasi Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESBATU, MALANGKantor Imigrasi Malang punya cara kreatif mengenalkan wajah pelayanan baru di era new normal. Kantor yang berada di Jalan Raden Panji Suroso, Polowijen, Blimbing, Kota Malang itu melakukan sosialisasi lewat video dagelan.

Berperan sebagai aktor utama, Amin Sumantri memperagakan layaknya masyarakat pemohon paspor. Ia diingatkan petugas imigrasi karena tidak mengenakan masker.

Imigrasi-Malang-2.jpg

Aktor asal Malang itu kemudian mengikuti protokol Covid-19 yang diatur ketat di lingkungan Kantor Imigrasi Malang. Petugas dengan sabar mengarahkan Amin untuk disiplin menerapkan protokol.

Ia menyontohkan bagaimana mengenakan masker, cuci tangan, dan protokol lainnya diterapkan saat pelayanan berlangsung. Petugas tampak mengenakan APD lengkap seperti face shield dan sekat pembatas antara petugas dan pemohon.

Dalam akun Instagramnya @amin_sumantri video berdurasi sekitar 5 menit ini mendapatkan 1.025 viewers dan 23 komentar. "Nyooh rek. Ternyata ngurus pasport iku gampang. Ora mbulet," tulisnya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemohon yang datang ke Kantor Imigrasi Malang, diterapkan protokol kesehatan, yaitu:

  1. Terdapat pengecekan suhu tubuh baik bagi pegawai maupun pemohon yang akan memasuki Kantor menggunakan thermal gun. Apabila didapati suhu tubuhnya di atas 37,5⁰ C maka diarahkan untuk pulang terlebih dahulu dan kembali ketika suhu tubuhnya sudah normal kembali.
  2. Pegawai dan pemohon yang akan memasuki kantor diminta untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan masuk ke dalam bilik sterilisasi.
  3. Setelah itu, pemohon akan diberi ID Card yang dibedakan berdasarkan tujuan kedatangannya.
  4. Di dalam ruangan pelayanan, seluruh petugas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, sarung tangan dan face shield.
  5. Hand sanitizer diletakkan di setiap meja pelayanan dan di setiap sudut ruangan.
  6. Di setiap meja pelayanan dilengkapi dengan covid shield sehingga terdapat pembatas antara petugas dengan pemohon.
  7. Seluruh ruangan Kantor Imigrasi Malang disemprot dengan desinfektan secara berkala.

Kepala Kantor Imigrasi Malang, Ramdhani, mengatakan pola sosialisasi yang humanis dan kreatif seperti ini dibutuhkan masyarakat agar infonya menyebar luas.

"Kita ingin mengenalkan model pelayanan baru ini agar masyarakat paham dan disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat berkunjung ke kantor kami," ujarnya.

Ia menambahkan, pelayanan jaga keimigrasian pada era new normal di Kantor Imigrasi Malang mengalami perubahan. Mulai dari pemohon dan petugas semuanya harus patuh protokol.

"Kami membuka kembali layanan baik bagi WNI maupun WNA sejak 15 Juni 2020 lalu. Bagi pemohon paspor dapat mengajukan permohonan melalui Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online," imbuh Kepala Kantor Imigrasi Malang ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com