Pulang Belanja, Warga Kota Batu Positif Covid-19

Home / Berita / Pulang Belanja, Warga Kota Batu Positif Covid-19
Pulang Belanja, Warga Kota Batu Positif Covid-19 Peta Sebaran Covid-19 di Kota Batu pada hari Sabtu (24/5/2020) tercatat ada penambahan satu pasien terkonfirmasi positif. (Satgas Covid-19 Kota Batu for TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESBATU, BATU – Hari Sabtu (24/5/2020) sore, satu lagi warga Kota Batu terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien confirm 12 berjenis kelamin perempuan berusia 58 tahun ini sakit setelah pulang dari berbelanja di Pasar Besar Kota Malang.

Ia adalah warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, pekerjaan sehari-hari adalah Ibu Rumah Tangga. Selama ini ia tinggal sendirian di rumahnya yang dekat dengan anaknya.

Batu-Positif-Covid-2.jpg

Hasil tracing menyebutkan bahwa yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan ke Pasar Besar Malang, pada tanggal 27 April 2020 ia berbelanja ke Pasar Besar Malang bersama anaknya. 

Beberapa hari setelah itu, tepatnya pada 2 Mei 2020, ia mengeluh pilek dan batuk, selanjutnya pada tanggal 4 Mei 2020 pukul 05.00 WIB penderita datang ke IGD RS Karsa Husada dengan keluhan mual, batuk pilek, sesak nafas dan sakit di bagian perut bagian bawah.

Dilakukan pemeriksaan dan pengambilan rontgen terlihat gambaran pneumonia, sehingga dokter menyarankan agar si pasien menjalani rawat inap di rumah sakit guna menjalani perawatan dan pemeriksaan intensi.

“Mulai tanggal 4 Mei 2020 pasien masuk rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan rapid test, hasil rapid test baik IgG maupun IgM menunjukkan hasil Reaktif. Pasien juga memiliki penyakit penyerta  (komorbid) hipertensi dan ginjal,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, M Chori SSos MSi.  

Pada hari itu  si pasien masuk di ruang isolasi  dan dilakukan pemeriksaan swab yang pertama serta  dilanjutkan dengan pemeriksaan swab kedua pada tanggal 5 Mei 2020 di RS Karsa Husada. 

Selama menjalani perawatan kondisinya terus membaik sehingga pada tanggal 13 Mei 2020, yang bersangkutan diperbolehkan pulang dengan hasil PCR (swab test) masih belum keluar.

Batu-Positif-Covid-3.jpg

 Namun demikian yang bersangkutan harus tetap menjani isolasi mandiri sampai hasil test PCR keluar. Hasil PCR test baru keluar tanggal 23 Mei 2020 dan yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19. 

“Langkah tindaklanjut dilakukan melalui pelacakan dengan kontak erat terutama keluarga yang serumah yaitu ada 3 orang. Ketiga-nya sudah dilakukan rapid test dengan hasil Non Reaktif,” ujar Chori.

Selanjut dilakukan langkah persuasif agar si pasien positif Covid-19  itu bersedia untuk dilakukan perawatan lanjutan di rumah sakit sampai dinyatakan sembuh dari virus Corona.“ Hal ini dilakukan karena yang bersangkutan keberatan kalau dibawa lagi ke rumah sakit khawatir tensinya naik  Direncanakan yang bersangkutan akan dievakuasi ke RS Baptis,” ujar Chori. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com